Tips : Cek Status Proses Migrasi Kalian (EPS-TOPIK Program)

Sobat blogger, dalam posting kali ini, saya akan berbagi satu tips untuk kalian Para Pencari Kerja melalui program EPS-TOPIK. Tips ini dimaksudkan untuk kalian yang bingung tentang status TKI kalian.  

  Sudah sampai manakah proses yang telah saya tempuh?
  Data saya sudah terkirim belum ya?
  Saya sudah terdaftar di daftar pencari kerja di korea belum ya?

Mungkin salah satu dari pertanyaan di atas tadi sedang manghampiri kepala kalian, dan kalian tidak tahu harus bertanya pada siapa. Tips ini akan membantu kalian untuk menjawab pertanyaan di atas. Plus kalian akan terhindar dari para calo yang berusaha memeras kalian dengan cara apapun.

Ingat, program ini 100% diolah oleh pemerintah Korea! Pemerintah Indonesia hanya sebagai pelaksana, tidak bisa mempengaruhi waktu keberangkatan kalian ke Korea.

Nah, seperti apa caranya kita review tips yang satu ini...


1. buka situs https://www.eps.go.kr/ kemudian pilih Mother Tongue Service -> Indonesia
















2. Setelah itu, pilih opsi SignUp

3. Pilih opsi pertama, klik selanjutnya

4. Masukkan no: 
- EPS-TOPIK, contoh : 2122013P10012586 dan no Identitas yang kalian gunakan saat mendaftar. 
- Pilih opsi ID Card untuk kalian yang mendaftar menggunakan KTP .
- Pilih opsi nomer passpor untuk kalian yang mendaftar menggunakan Paspor.
- Ok 

* Untuk melihat no EPS-TOPIK, kalian bisa download di sini:

5. Setelah ini, akan muncul beberapa peratuan yang harus kalian setujui, seperti Terms of use, dll.
centang saja semua agreement di kolom I agree. Kemudian Klik Next.


6.  Setelah itu, kalian akan dibawa ke formulir pengisian data untuk login ke situs eps.go.kr untuk melihat status anda. Isi Login ID untuk username yang digunakan saat login, dan Sandi untuk password yang akan digunakan saat login. Klik Daftar.

7. Setelah berhasil, anda akan dikembalikan ke halaman pada tahap ke dua pendaftaran. Isi kolom yang kosong dengan Login ID dan Sandi yang telah dibuat tadi. Klik LOGIN.

8. Setelah berhasil login, form login akan berubah menjadi data diri kalian.

SELAMAT! Kalian telah terdaftar untuk memantau status TKI kalian. Kalian dapat memanfaatkan semua menu yang tersedia, seperti TAMPILKAN KEMAJUAN IMIGRASI untuk melihat sejauh mana proses imigrasi yang telah kalian tempuh.

WARNING: Jangan mau daftar kolektif agar nomor ID nya tdk diketahui oleh pihak lain. Jika sudah terlanjur didaftarkan, dan ada peringatan Identitas telah terdaftar pada saat melakukan pendaftaran, gunakan fasilitas FindID/PWD ang tersedia untuk mereset ulang LoginID dan Sandi.


Nah, itu dia tips untuk kalian para pencari kerja yang melalui program EPS-TOPIK untuk melihat informasi mengenai status imigrasi kalian. Semoga tips ini bermanfaat, terima kasih :)
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

1 komentar: