Tips : Tambahkan Flare Pada Foto Kalian (Beginner)

1
Hello sobat blogger! Kalian pernah denger kan istilah optical flare? Itu loh, cahaya keren yang dihasilkan dari pembiasan lensa kamera. Nah, pernah terpikir untuk punya foto dengan cahaya flare tanpa harus mengunakan lensa kit yang mahal? Jika ya, tips yang satu ini mungkin bisa kalian gunakan dalam pembuatan flare tanpa menggunakan lensa kit, tapi hanya dengan seperangkat komputer, aplikasi Adobe After Effects + Plug-in Optical Frares dari Video Copilot.
Pengen tahu langkahnya? yu, kita review tips yang satu ini…
Pertama, kalian siapkan foto yang ingin kalian tambahkan flare. Untuk contoh, saya gunakan foto ini. Ii saya ambil menggunakan HP Samsung Corby Touch resolusi 2MP.
2
Buka After Effects, kemudian Drag-Drop foto yang akan kalian gunakan ke dalam After Effects.
3
Setelah foto berhasil dibuka di After Effects (selanjutnya saya tulis AE), buat Komposisi baru dengan kembali mendrag-drop foto dari tab Projects ke Composition.
4
Setelah berhasil membuat komposisi baru, pilih menu Layer –> New –> Solid… Kemudia akan muncul window baru, tekan saja OK.
5
Nah loh, ko gambarnya ilang? Tenang saja, memag prosesnya seperti itu. Kalo di Photoshop Solid itu sama dengan Layer. Nah setelah Layer Solid baru dibuat, pilih menu Effects –> Video Copilot –> Optical Flares. Maka akan muncul cahaya flare standar dan akan muncul tab Effects Control untuk mengatur optical flares tersebut.
6
7
Nah, untuk settigannya, rubah Render Mode dari On Black menjadi On Transparent. Kemudian Blend Mode Black Solid 1 dari Normal ke Screen. Untuk lebih jelasnya sesuaikan dengan screenshoot ini.
8
Nah, itulah settingan dasar nya. Selanjutnya, tinggal menkostum tampilan flare. Caranya, tinggal pilih Options pada effects control Optical Flares.
Akan muncul jendela Optical Flares Option. Nah, disinilah kalian bisa mengkostum bentuk dan tampilan flare nya. Jika sudah ada presetnya, kalian bisa gunakan presets yang ada. Contoh saya menggunakan Flare JayJay dari presets yang tersedia dan sedikit perubahan warna. Dan klik OK.
9
Tadaa!! Optical Flares pun sudah terlihat!! Tinggal kalian rubah posisi dimana pusat flare berada, dan sedikit kostumisasi akhir. entah itu brightness atau warna, kalian bisa atur-atur sesuka hati.
10
Final!!
11
Terakhir, Untuk menjadikannya sebagai file foto, pilih menu Composition –> Save Frame As –> File
12
Kemudian akan muncul tab Render Queue. Pada Output Mode, rubah ke JPEG sequence. Caranya, klik tulisan kuning (Biasanya Photoshop) kemudian rubah format menjadi JPEG sequence.
13
Klik OK.
Jika ingin merubah tempat penyimpanan setelah file di render, klik tulisan sebelah Output To, kemudian set output file, OK
14
Klik Render untuk mulai proses Render. Tunggu proses selesai, dan File foto dengal Flare pun jadi.
Ini adalah hasil setelah saya retouch lagi di Photoshop.
15
OK, deh sobat bloger. Itu dia tips yang bisa saya share kali ini. Nah, untuk kalian yang membutuhkan Software yang saya hunakan (promosi). Kalian bisa cek link dibawah ini Winking smile
OK. Have a nice day…

Adobe Master Collection CS5
Adobe Master Collection CS6
Paket Plug-ins: VC Optical Flares + Pro Presets
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar