Menulis Hangeul di Windows 7 Part 2

Hello sobat blogger!! Apa kabar hari ini? Pastinya baik donk. Kembali lai buat kalian para Kpopers, kali ini saya ingin membahas tentang cara menulis hangeul dan merupakan lanjutan dari Menulis Hangeul di Windows 7 yang pernah kita bahas sebelumnya. Dan lagi, saya tidak akan menjelaskan secara detail tentang penulisan hangeul ini. Yang akan saya jelaskan disini adalah bagai mana cara mengaktifkan fungsi keyboard dan cara penyusunan hurufnya. Untuk arti dari masing-masing kata yang akan ditulis, tidak akan saya bahas. Tapi minimalnya kalian bisa menyusun sendiri huruf-huruf hangeul sehingga menjadi sebuah kata. Untuk kata-katanya kalian bisa mencari dikamus korea. ^-^

Ok, kalau begitu kita langsung saja review artikel yang satu ini...


Pertama, saya akan menjelaskan peraturan dalam penulisannya.

Urutan penulisan hurufnya adalah12
3
Jadi jika kita menemukan sebuah kata misalnya 한 (han), itu terdiri dari huruf ㅎ ㅏ ㄴ. Untuk struktur keyboard alfabet dan hangeul, kalian bisa lihat lagi di sini.

Contoh lain:
안 녕 하 세 요
(an  nyeong  ha  se  yo)

Catatan: Untuk cara membaca huruf hangeul, akan saya bahas diartikel selanjutnya.

Selanjutnya, kita akan langsung ke contoh kasus. Disini kita akan mencoba menulis sapaan untuk teman kita via chating di Facebook.

Buka akun Facebook kalian, kemudian pilih teman yang ingin kalian sapa lalu klik ditempat untuk menulis. Sebelum kalian mulai mengetik, kalian harus mengaktifkan bahasa penulisan yang ada di taskbar dan pilih KO untuk Korean.



Setelah KO terpilih, kemudian aktifkan toggel bahasa seperti gambar dibawah.


Klik di huruf A hingga menjadi huruf hangeul seperti gambar dibawah.


Setelah toggle bahasa aktif, kalian dapat menulis kata sapaan, 
Contoh 
안녕하세요

Huruf yang di tekan di keyboard
DKS SUD GK TP DY

Karena secara otomatis sistem akan menyusun huruf-huruf menjadi per 3 huruf, untuk penulisan kata yang hanya terdiri dari 2 huruf misalkan , setelah kalian ketikan GK, kalian tekan tombol arah kanan di keyboard untuk mengakhiri penyusunan hurufnya.

Nah, itu dia sobat blogger. Disini kita hanya memahami bagai mana cara penulisannya dan tidak menjelaskan tentang cara pembacaannya. Sekian untuk artikel kali ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya! ;)
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar